Jumat, 29 Mei 2020

Sekali Lagi, Qunut Shubuh

Kali ini kita akan melihat bagaimana madzhab mayoritas salaf yang berkesesuaian dengan hal tersebut.

1. Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan Thaariq bin Asyyam radhiyallaahu ‘anhum

حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، عَنْ أَبِي مَالِكٍ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: " قُلْتُ لَهُ صَلَّيْتَ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمَانَ: أَفَكَانُوا يَقْنُتُونَ؟ فَقَالَ: لَا يَا بُنَيَّ، هِيَ مُحْدَثَةٌ

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Idriis, dari Abu Maalik, dari Ayahnya; ia (Abu Maalik) berkata :

“Aku berkata kepadanya : ‘Engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, dan ‘Utsmaan. Apakah mereka semua melakukan qunut (dalam shalat Shubuh) ?”. Ia menjawab : “Tidak wahai anakku. Perbuatan itu adalah muhdats (diada-adakan).”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/308 (5/21) no. 7034; sanadnya shahih]

2. ‘Umar bin Al-Khaththaab radhiyallaahu ‘anhu

عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مَنْصُورٍ، وَالأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الأَسْوَدِ بْنِ يَزِيدَ، وَعَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ الأَوْدِيِّ، قَالا: " صَلَّيْنَا خَلْفَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ الْفَجْرَ، فَلَمْ يَقْنُتْ "

Dari Ats-Tsauriy, dari Manshuur dan Al-A’masy, dari Ibraahiim, dari Al-Aswad bin Yaziid dan ‘Amru bin Maimuun, mereka berdua berkata :

“Kami pernah shalat Shubuh di belakang ‘Umar bin Al-Khaththaab dan ia tidak melakukan qunut.”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/106 no. 4948; sanadnya shahih]

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ صَالِحٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو شِهَابٍ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، وَالأَسْوَدِ، وَمَسْرُوقٍ أَنَّهُمْ، قَالُوا: " كُنَّا نُصَلِّي خَلْفَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ الْفَجْرَ فَلَمْ يَقْنُتْ "

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Daawud, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Hamiid bin Shaalih, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Syihaab, dari Al-A’masy, dari Ibraahiim, dari ‘Alqamah, Al-Aswad, dan Masruuq, mereka semua berkata :

“Kami shalat Shubuh di belakang ‘Umar radhiyallaahu ‘anhu, dan ia tidak melakukan qunut.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/250 no. 1486; sanadnya shahih[1]]

Selain Al-Aswaad bin Yaziid, ‘Amru bin Maimuun, ‘Alqamah, Al-Aswad, dan Masruuq rahimahumullah yang pernah shalat Shubuh di belakang ‘Umar bin Al-Khaththaab radhiyallaahu ‘anhu tanpa qunut; begitu juga ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallaahu ‘anhumaa[2].

Ibraahiim An-Nakha’iy juga berpendapat Abu Bakr dan ‘Umar tidak melakukan qunut Shubuh terus-menerus[3] (selain qunut nazilah). Begitu juga Sa’iid bin Jubair[4] dan sahabat-sahabat ‘Abdullah bin Mas’uud[5].

3. ‘Ali bin Abi Thaalib radhiyallaahu ‘anhu

عَنِ الشَّعْبِيّ، قَالَ: " لَمَّا قَنَتَ عَلِيٌّ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ أَنْكَرَ النَّاسُ ذَلِكَ، قَالَ: فَقَالَ: إِنَّمَا اسْتَنْصَرْنَا عَلَى عَدُوِّنَا "

Dari Asy-Sya’biy, ia berkata :
“Ketika ‘Ali melakukan qunut dalam shalat Shubuh, orang-orang mengingkarinya. Lalu ‘Ali berkata : ‘Itu kami lakukan hanyalah untuk meminta pertolongan kepada Allah untuk mengalahkan musuh kami[6].”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/310 (5/26) no. 7055; sanadnya shahih[7]]

Riwayat ini memberikan penjelasan pada kita qunut yang dilakukan ‘Ali bin Abi Thaalib radhiyallaahu ‘anhu adalah qunut nazilah.[8] Lebih jelas lagi adalah kesaksian Sa’iid bin Jubair rahimahullah:

حَدَّثَنِي أَبُو الْخَطَّابِ الْجَارُودِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي إِسْمَاعِيلَ، قَالَ: سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ، عَنِ الْقُنُوتِ، فَقَالَ: " إِذَا فَرَغْتَ مِنَ الْقِرَاءَةِ، فَارْكَعْ "، قُلْتُ: فَإِنَّ عَلِيًّا كَانَ يَقْنُتُ؟ قَالَ: كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي الْحَرْبِ "

Telah menceritakan kepadaku Abul-Khaththaab Al-Jaaruudiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Sa’iid Al-Qaththaan, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Abi Ismaa’iil, ia berkata :

"Aku pernah bertanya kepada Sa’id bin Jubair tentang qunut. Maka ia menjawab : “Apabila engkau selesai dari qira’ah (membaca surat ketika berdiri dalam shalat), maka (langsung) rukuklah”. Aku berkata : “Bukankah ‘Ali melakukan qunut ?”. Ia menjawab : “Dulu ia melakukannya ketika peperangan.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 674; sanadnya hasan]

Hal ini sekaligus memberikan penjelasan tambahan bahwa riwayat-riwayat lain yang ternukil dari ‘Ali bahwa ia melakukan qunut pada waktu shalat Shubuh bukan qunut yang didawamkan seperti yang dimaksudkan dalam bahasan ini, akan tetapi qunut nazilah.

Faedah lain : Pengingkaran orang-orang kepada ‘Ali menunjukkan bahwa ‘Ali sebelumnya tidak pernah melakukan qunut pada waktu shalat Shubuh, dan qunut di waktu shalat Shubuh tidak lazim dilakukan.

4. ‘Abdullah bin Mas’uud radhiyallaahu ‘anhu

حَدَّثَنَا فُضَيْلُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَلَطِيُّ، ثنا أَبُو نُعَيْمٍ، ثنا أَبُو الْعُمَيْسِ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الأَسْوَدِ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: " كَانَ عَبْدُ اللَّهِ، لا يَقْنُتُ فِي صَلاةِ الْغَدَاةِ، وَإِذَا قَنَتَ فِي الْوِتْرِ قَنَتَ قَبْلَ الرَّكْعَةِ "

Telah menceritakan kepada kami Fudhail bin Muhammad Al-Malathiy : Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Umais : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdurrahmaan bin Al-Aswad, dari Ayahnya, ia berkata :

“’Abdullah (bin Mas’uud) tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh. Apabila ia melakukan qunut dalam shalat witir, ia melakukannya sebelum rukuk.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir, 9/272 no. 9166; sanadnya shahih]

حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ، عَنْ أَشْعَثَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: كَانَ عَبْدُ اللَّهِ لَا يَقْنُتُ السَّنَةَ كُلَّهَا فِي الْفَجْرِ، وَيَقْنُتُ فِي الْوِتْرِ كُلَّ لَيْلَةٍ قَبْلَ الرُّكُوعِ

Telah menceritakan kepada kami Abu Khaalid Al-Ahmar, dari Asy’ats, dari Ibraahiim, ia berkata :

“‘Abdullah (bin Mas’uud) tidak melakukan qunut sepanjang tahun dalam shalat Shubuh, namun ia melakukan qunut dalam shalat witir setiap malam sebelum rukuk.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/306 (4/528-529) no. 7015]

Sanadnya shahih hingga Ibraahiim An-Nakha’iy, dan Ibraahiim tidak pernah bertemu dengan ‘Abdullah bin Mas’uud radhiyallaahu ‘anhu. Sebagian ulama mutaqaddimiin mengatakan bahwa mursal Ibraahiim dari Ibnu Mas’uud adalah shahih.

Inilah pendapat Asy-Sya’biy tentang perbuatan Ibnu Mas’uud radhiyallaahu ‘anhu sebagaimana riwayat :

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ قَيْسٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قَالَ: " كَانَ عَبْدُ اللَّهِ لا يَقْنُتُ، وَلَوْ قَنَتَ عُمَرُ لَقَنَتَ عَبْدُ اللَّهِ

Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Idriis, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Qais, dari Asy-Sya’biy, ia berkata :

“’Abdullah (bin Mas’uud) tidak melakukan qunut. Seandainya ‘Umar melakukan qunut, niscaya ‘Abdullah juga melakukan qunut.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 663; sanadnya shahih hingga Asy-Sya’biy]

5. ‘Abdullah bin ‘Abbaas radhiyallaahu ‘anhumaa

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ وَاقِدٍ مَوْلَى زَيْدِ بْنِ خُلَيْدَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُمَا كَانَا لَا يَقْنُتَانِ فِي الْفَجْرِ

Telah menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Waaqid maulaa Zaid bin Khulaidah, dari Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas dan Ibnu ‘Umar :

"Bahwasannya keduanya tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh."
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/309 (5/23) no. 7043; sanadnya hasan]

حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنْ مَنْصُورٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي مُجَاهِدٌ، وَسَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ، " أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ كَانَ لَا يَقْنُتُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ "

Telah menceritakan kepada kami Husain bin ‘Ali, dari Zaaidah, dari Manshuur, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Mujaahid dan Sa’iid bin Jubair :

"Bahwasannya Ibnu ‘Abbaas tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh."
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/311 (5/28) no. 7068; sanadnya hasan]

Ibnu ‘Abbaas menjelaskan mengapa dirinya tidak melakukan qunut :

حَدَّثَنَا مُجَاهِدُ بْنُ مُوسَى، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ، قَالَ: أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ، عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، قَالَ: قُلْتُ لابْنِ عُمَرَ، وَابْنِ عَبَّاسٍ الْكِبْرُ يَمْنَعُكُمَا مِنَ الْقُنُوتِ؟ قَالا: لَمْ نَأْخُذْهُ عَنْ أَصْحَابِنَا

Telah menceritakan kepada kami Mujaahid bin Muusaa, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yaziid, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Sulaimaan, dari Abu Mijlaz, ia berkata :

"Aku bertanya kepada Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbaas : “Apakah kesombongan mencegahmu untuk melakukan qunut ?”. Mereka menjawab : “Kami tidak pernah mendapatkan (hal itu) dari sahabat-sahabat kami.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 682; sanadnya shahih]

6. Abud-Dardaa’ radhiyallaahu ‘anhu

حَدَّثَنِي نَصْرُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَوْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بَشِيرٍ، عَنِ ابْنِ شُبْرُمَةَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، قَالَ: " لا قُنُوتَ فِي الْفَجْرِ "

Telah menceritakan kepadaku Nashr bin ‘Abdirrahmaan Al-Audiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Basyiir, dari Ibnu Syubrumah, dari ‘Alqamah, dari Abud-Dardaa’ ia berkata :

“Tidak ada qunut dalam shalat Shubuh.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 662; sanadnya hasan]

7. ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallaahu ‘anhumaa

عَنْ مَالِكٍ، عَنْ نَافِعٍ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ، كَانَ لا يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ

Dari Maalik, dari Naafi’ :
"Bahwasannya Ibnu ‘Umar tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh.”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/106 no. 4952; sanadnya shahih]

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ، أَخْبَرَنِي أَبُو الْحَسَنِ الْعَنَزِيُّ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ سَعِيدٍ، ثنا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ، ثنا هَمَّامٌ، عَنْ قتادة، عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، قَالَ: " صَلَّيْتُ مَعَ ابْنِ عُمَرَ صَلاةَ الصُّبْحِ، فَلَمْ يَقْنُتْ، فَقُلْتُ لابْنِ عُمَرَ: لا أَرَاكَ تَقْنُتُ، قَالَ: لا أَحْفَظُهُ عَنْ أَحَدٍ مِنْ أَصْحَابِنَا "

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafizh : Telah mengkhabarkan kepadaku Abul-Hasan Al-’Anaziy : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ismaa’iil : Telah menceritakan kepada kami Hammaam, dari Qataadah, dari Abu Mijlaz, ia berkata :

"Aku pernah shalat Shubuh bersama Ibnu ‘Umar, namun ia tidak melakukan qunut. Aku bertanya kepada Ibnu ‘Umar : ‘Aku tidak melihatmu melakukan qunut’. Ia menjawab : ‘Aku tidak menghapal dari salah seorang shahabat kami (tentang hal tersebut).”
[Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam Al-Kubraa, 2/213 (2/302) no. 3157; sanadnya shahih]

‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallaahu ‘anhumaa tidak mengetahui adanya pelaziman qunut Shubuh di jamannya. Padahal, ia termasuk salah seorang shahabat yang paling semangat dalam hal ittiba’ terhadap sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

8. ‘Abdullah bin Az-Zubair radhiyallaahu ‘anhumaa

حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ، عَنْ زَكَرِيَّا بْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ، أَنَّ ابْنَ الزُّبَيْرِ صَلَّى بِهِمُ الصُّبْحَ فَلَمْ يَقْنُتْ "

Telah menceritakan kepada kami Rauh bin ‘Ubaadah, dari Zakariyyaa bin Ishaaq, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Amru bin Diinaar :

"Bahwasannya Ibnuz-Zubair pernah shalat Shubuh bersama mereka, dan tidak melakukan qunut."
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/309 (5/23) no. 7044; sanadnya shahih]

9. Anas bin Maalik radhiyallaahu ‘anhu

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخٍ، ثنا غَالِبُ بْنُ فَرْقَدٍ الطَّحَّانُ، قَالَ: " كُنْتُ عِنْدَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ شَهْرَيْنِ، فَلَمْ يَقْنُتْ فِي صَلاةِ الْغَدَاةِ "

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdil-‘Aziiz : Telah menceritakan kepada kami Syaibaan bin Farruukh : Telah menceritakan kepada kami Ghaalib bin Farqad Ath-Thahhaan, ia berkata :

“Aku pernah di sisi Anas bin Maalik selama dua bulan, dan ia tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 1/245 no. 693; sanadnya hasan]

Faedah : Riwayat ini menguatkan adanya kekeliruan riwayat Abu Ja’far Ar-Raaziy yang membawakan hadits Anas yang di dalamnya terdapat pernyataan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa melakukan qunut Shubuh hingga meninggal dunia. Seandainya memang hadits Abu Ja’far tersebut shahih, niscaya Anas akan senantiasa mencontoh beliau dan tidak meninggalkannya.

Anas sendiri telah menjelaskan bahwa qunut yang dilakukan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanyalah sebulan saja, lalu meninggalkannya.

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: " إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوعِ "

Telah menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam Ad-Dastuwaa’iy, dari Qataadah, dari Anas, ia berkata :

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanyalah melakukan qunut dalam shalat Shubuh selama sebulan saja setelah rukuk.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/310 (5/24-25) no. 7052; sanadnya shahih]

Yaitu, qunut naziilah mendoakan kejelekan terhadap Bani Ri’l dan Dzakwaan pasca peristiwa Bi’r Ma’uunah.

حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ مُعَاذٍ، عَنِ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ شَهْرًا بَعْدَ الرِّكُوعِ يَدْعُو عَلَى رِعْلٍ وَذَكْوَانَ "

Telah menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Mu’aadz, dari At-Taimiy, dari Abu Mijlaz, dari Anas, ia berkata :

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanyalah melakukan qunut dalam shalat Shubuh selama sebulan saja setelah rukuk, mendoakan kejelekan terhadap (Bani) Ri’l dan Dzakwaan.”
[idem2/310 (5/25) no. 7053; sanadnya shahih]

Dari kalangan taabi’iin :

1. Saalim bin ‘Abdillah bin ‘Umar

عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ، عَنِ ابْنِ أَبِي نَجِيحٍ، قَالَ: سَأَلْتُ سَالِمَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ " هَلْ كَانَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يَقْنُتُ فِي الصُّبْحِ؟ قَالَ: لا، إِنَّمَا هُوَ شَيْءٌ أَحْدَثَهُ النَّاسُ بَعْدُ "

Dari Ibnu ‘Uyainah, dari Ibnu Abi Najiih, ia berkata :

"Aku pernah bertanya kepada Saalim bin ‘Abdillah : “Apakah ‘Umar dulu melakukan qunut dalam shalat Shubuh ?”. Ia menjawab : “Tidak, hal itu hanyalah sesuatu yang diada-adakan manusia setelahnya.”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/108 no. 4955; sanadnya shahih hingga Saalim]

2. Sa’iid bin Jubair

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ، قَالَ: " صَلَّيْتُ خَلْفَ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ الْفَجْرَ فَلَمْ يَقْنُتْ "

Telah menceritakan kepada kami Wakii, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Mis’ar, dari ‘Amru bin Murrah, ia berkata :

“Aku pernah shalat Shubuh di belakang Sa’iid bin Jubair, dan ia tidak melakukan qunut.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/310 (5/27) no. 7060; sanadnya shahih]

حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الصَّمَدِ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي بِشْرٍ، قَالَ: " سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنِ الْقُنُوتِ، فَقَالَ: بِدْعَةٌ "

Telah menceritakan kepada kami Ibnul-Mutsannaa, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Abdush-Shamad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Abu Bisyr, ia berkata :

Aku pernah bertanya kepada Sa’iid bin Jubair tentang qunut, lalu ia menjawab : ‘Bid’ah.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 692; sanadnya shahih]

3. Ibraahiim An-Nakha’iy

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ فُضَيْلٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: " إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ أَيَّامًا "

Telah menceritakan kepada kami Wakii’, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Al-Hasan bin ‘Amru, dari Fudlail, dari Ibraahiim, ia berkata :

“Qunut hanyalah dilakukan Rasulullah ﷺ beberapa hari saja.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/310 (5/26-27) no. 7059; sanadnya shahih hingga Ibraahiim]

عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ، وَسُلَيْمَانَ، قَالَا: كَانَ إِبْرَاهِيمُ لَا يَقْنُتُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَهُوَ إِمَامٌ "

حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ زَائِدَةَ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ، وَسُلَيْمَانَ، قَالَا: كَانَ إِبْرَاهِيمُ لَا يَقْنُتُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَهُوَ إِمَامٌ "

Telah menceritakan kepada kami Husain bin ‘Aliy, dari Zaaidah, dari Al-Hasan bin ‘Ubaidillah dan Sulaimaan, mereka berdua berkata :

“Ibraahiim tidak melakukan qunut dalam shalat Shubuh sedangkan waktu itu ia berposisi sebagai imam.”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/311 (5/28) no. 7067; sanadnya shahih]

4. ‘Aamir Asy-Sya’biy

حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ سَعِيدٍ الْكِنْدِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بَشِيرٍ، عَنِ ابْنِ شُبْرُمَةَ، قَالَ: " سَأَلْتُ الشَّعْبِيَّ عَنِ الْقُنُوتِ فِي الْفَجْرِ، فَقَالَ: كُلُّ صَلاةٍ يَقْنُتُ فِيهَا "، قُلْتُ: " قَدْ عَرَفْتُ مَا أَرَدْتَ، كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقْنُتُ يَدْعُو عَلَى عَدُوِّهِ "، فَقَالَ: مَا قَنَتَ حَتَّى دَعَا بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ

Telah menceritakan kepadaku ‘Aliy bin Sa’iid Al-Kindiy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Basyiir, dari Ibnu Syubrumah, ia berkata :

"Aku pernah bertanya kepada Asy-Sya’biy tentang qunut shalat Shubuh, lalu ia menjawab : “Setiap shalat ada qunut padanya”. Aku berkata : “Aku tahu yang engkau maksudkan. Dulu ‘Ali radhiyallahu ‘anhu melakukan qunut mendoakan kejelekan terhadap musuhnya”. Asy-Sya’biy berkata : “Ia tidak melakukan qunut hingga sebagian mereka mendoakan kejelekan kepada sebagian lainnya.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 694; sanadnya hasan]

Asy-Sya’biy tidak mengkhususkan qunut pada shalat Shubuh, akan tetapi qunut di semua waktu shalat ketika terjadi musibah/bencana. Sekaligus ini sebagai penjelas riwayat ‘Ali bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu sebelumnya.

5. Thaawus bin Kaisaan

حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ الرَّبِيعِ الرَّازِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ: سَأَلْتُ ابْنَ طَاوُسٍ: مَا كَانَ أَبُوكَ يَقُولُ فِي الْقُنُوتِ؟ فَقَالَ: " كَانَ أَبِي " لا يَرَاهُ، وَيَقُولُ: الْقُنُوتُ طَاعَةُ اللَّهِ "

Telahmenceritakan kepadaku Sa’iid bin Ar-Rabii’ Ar-Raaziy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, ia berkata : Aku bertanya kepada Ibnu Thaawus :

“Apa gerangan yang dikatakan ayahmu tentang qunut?”. Maka ia menjawab : “Ia tidak berpendapat dilakukannya qunut, seraya berkata : ‘Qunut adalah ketaatan kepada Allah.”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziibul-Aatsaar no. 698; sanadnya shahih]

6. Ibnu Syihaab Az-Zuhriy

عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: كَانَ يَقُولُ: مِنْ أَيْنَ أَخَذَ النَّاسُ الْقُنُوتَ؟ وَتَعَجَّبَ، وَيَقُولُ " إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ أَيَّامًا، ثُمَّ تَرَكَ ذَلِكَ "

Dari Ma’mar, dari Az-Zuhriy; ia (Ma’mar) berkata :

“Az-Zuhriy berkata : ‘Dari mana orang-orang mengambil amalan qunut ?’. Ia merasa keheranan, lalu berkata : ‘Rasulullah ﷺ hanyalah melakukan qunut beberapa hari saja, kemudian beliau meninggalkannya.”
[Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq 3/105 no. 4945; sanadnya shahih]

Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.

https://abul-jauzaa.blogspot.com/…/sekali-lagi-qunut-shubuh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar