Kamis, 28 Mei 2020

Larangan Mencela Makanan/Minuman

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ

مَا عَابَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعَامًا قَطُّ إِنْ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsiir; Telah mengabarkan kepada kami Sufyaan dari Al A'masy dari Abu Haazim dari Abu Hurairah ia berkata :

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah mencela makanan sekali pun. Bila beliau berselera, maka beliau memakannya dan bila tak suka, maka beliau meninggalkannya."

(Shahih Bukhari no. 5409)

Imam Ibnu Baththal rahimahullah mengatakan :

Inilah adab yang baik kepada Allah Ta’ala. Karena jika seseorang menjelek-jelekkan makanan yang tidak disukai, maka seolah-olah dengan ucapan jeleknya itu, ia telah menolak rezekiAllah.”

(Syarh Al Bukhari, 18/93)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan :

Makanan dan minuman yang dinikmati ketika disodori pada kita, hendaklah kita tahu bahwa itu adalah nikmat yang Allah beri. Nikmat tersebut bisa datang karena kemudahan dari Allah. Kita mesti mensyukurinya dan tidak boleh menjelek-jelekkannya. Jika memang kita suka, makanlah. Jika tidak, maka tidak perlu makan dan jangan berkata yang bernada menjelek-jelekkan makanan tersebut.”

(Syarh Riyadhus Shalihin, 4/199)

Namun tidak mengapa jika memberi kritikan pada yang masak, misalnya dengan berkata, “Hari ini masakanmu terlalu banyak garam, terlalu pedas atau semacam itu.” Yang disebutkan ini bukan maksud menjelekkan makanan, namun hanyalah masukan biar dapat diperbaiki.

(Idem, 4/200)

Baarakallahu fiiykum




Tidak ada komentar:

Posting Komentar