Senin, 01 Juni 2020

3 Hal yang Membuat Tertawa dan Menangis

Abu Darda Radhiyallahu'anhu berkata :

Yang membuatku tertawa ada tiga, dan yang membuatku menangis juga ada tiga.

Yang membuatku tertawa adalah :

1. Orang yang berangan-angan dengan dunia, padahal maut di depan matanya;

2. Orang yang lalai, padahal ia tidak pernah dilalaikan (selalu diawasi dan dicatat seluruh perbuatannya);

3. Orang yang tertawa terbahak-bahak padahal ia tidak tahu apakah Rabb-nya murka atau senang kepadanya.

Yang membuatku menangis adalah :

1. Kedahsyatan yang akan dilalui nanti di akhirat setelah kematian;

2. Terputusnya amal;

3. Kedudukanku di tangan Allah, di mana aku tidak tahu apakah Allah menyuruhku masuk surga atau neraka.

[Al-Bayân wat Tabyiin, 3/151]

Salman Al-Farisi Radhiyallahu'anhu berkata :

Ada tiga hal yang membuatku tertawa dan ada tiga hal yang membuatku menangis,

1- Aku tertawa terhadap orang yang mengharapkan dunia, sedangkan kematian selalu mengejarnya;

2- Aku tertawa terhadap orang yang melalaikan (Rabbnya), sedangkan Dia tidak lalai darinya;

3- Aku tertawa terhadap orang yang tertawa terbahak-bahak, sedangkan dia tidak mengetahui apakah dia membuat Rabbnya ridha ataukah membuat-Nya murka.

Tiga hal yang membuatku menangis :

1- Berpisah dengan orang- orang tercinta yaitu Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatNya;

2- Kengerian pada saat kematian;

3- Berdiri di hadapan Rabbul 'alamin, sedangkan aku tidak mengetahui apakah aku dimasukkan ke dalam neraka atau surga.

[Hilyah Al-Auliya', 1/207, karya Abu Nu'aim Al-Ashfahani]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar