Rabu, 10 Juni 2020

Keutamaan Susu Sapi

Dalam Al Qur’an, Allah memfirmankan kebaikan susu dalam bentuk umum. Susu binatang ternak. Tidak menyebut kambing atau sapi secara khusus.

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” 
(QS. An Nahl : 66)

Ketika menafsirkan kata “al an’am” dalam ayat ini, Al Hafizh Ibnu Katsir mengatakan: “seperti unta, sapi dan kambing”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ قَتَادَةَ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا الْكَمْأَةُ جُدَرِيُّ الْأَرْضِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْكَمْأَةُ مِنْ الْمَنِّ وَمَاؤُهَا شِفَاءٌ لِلْعَيْنِ وَالْعَجْوَةُ مِنْ الْجَنَّةِ وَهِيَ شِفَاءٌ مِنْ السُّمِّ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyaar; Telah menceritakan kepada kami Mu'aadz bin Hisyaam; Telah menceritakan kepada kami Bapakku, dari Qataadah, dari Syahr bin Hausyab, dari Abu Hurairah,

"Bahwasanya sekelompok orang dari kalangan sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata, "Al Kam`ah adalah cacarnya orang-orang Anshar." Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Al Kam`ah berasal dari Al Mann. Dan airnya mengandung kesembuhan bagi penyakit mata. 

Air susu berasal dari surga, dan ia adalah obat untuk menghilangkan racun." 

Abu 'Iisa berkata; Ini adalah hadits hasan.
(HR. Tirmidzi no. 1994)

Dalam praktiknya, Rasulullah pernah minum susu unta, kambing dan juga sapi. Bahkan secara khusus, beliau menganjurkan umatnya untuk minum susu sapi.

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ يَزِيدَ أَبِي خَالِدٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ شِفَاءً فَعَلَيْكُمْ بِأَلْبَانِ الْبَقَرِ فَإِنَّهَا تَرُمُّ مِنْ كُلِّ الشَّجَرِ

Telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman bin Mahdiy; Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Yaziid bin Abu Khaalid, dari Qais bin Muslim, dari Thaariq bin Syihaab, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : 

"Sesungguhnya Allah 'azza wajalla belum pernah menurunkan penyakit, kecuali juga menurunkan obatnya. Karena itu, hendaklah kalian meminum susu Sapi, sebab ia makan dari beragam jenis dedaunan."
(HR. Ahmad no. 18077)

Dalam salah satu riwayat :
"Dalam susu sapi itu ada obat untuk semua penyakit."
(HR. Abu Dawud Ath-Thayalisi dalam Musnadnya no. 366; An-Nasa`i dalam As-Sunan Al-Kubra no. 6865 dan 7568; Al-Bazzar dalam Musnadnya no. 1450, 1451, 1452 dan 1453; Ath-Thahawi dalam Syarh Ma'ani Al-Atsar no. 7176; Ibnu Hibban dalam Shahihnya no. 6075; Al-Hakim dalam Al-Mustadrak no. 7423 dan 7425; Adz-Dzahabi mengatakan untuk nomor 7423 "sesuai syarat Muslim")

Syaikh Syuaib Al-Arnauth dalam takhrijnya terhadap Shahih Ibnu Hibban (13/440) mengatakan, "Isnadnya Shahih." juga dishahihkan oleh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah, no. 518.

Hadits ini juga digandengkan dengan penyebutan bahwa Allah tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan obatnya pula, mengisyaratkan susu sapi mengandung manfaat untuk kesehatan dan pencegahan/penyembuhan penyakit.

Allahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar