Jumat, 29 Mei 2020

Titip Salam

Saat berkunjung ke rumah kawan atau pun saudara, kita kerap mendapat titipan salam untuk disampaikan.

Sekedar basa-basi atau memang ada sunnahnya..?

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا هِشَامٌ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهَا يَا عَائِشَةُ هَذَا جِبْرِيلُ يَقْرَأُ عَلَيْكِ السَّلَامَ فَقَالَتْ وَعَلَيْهِ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ تَرَى مَا لَا أَرَى تُرِيدُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah bercerita kepada kami 'Abdullah bin Muhammad; Telah bercerita kepada kami Hisyaam; Telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Az Zuhriy dari Abu Salamah dari 'Aisyah radhiallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya :

"Wahai 'Aisyah, ini Jibril datang menyampaikan salam kepadamu". 'Aisyah berkata;

وَعَلَيْهِ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

"Wa'alaihis salaam wa rahmatullahi wa barakaatuh"
(Dan salam sejahtera, rahmat Allah dan barakah-Nya baginya).

Dia (Jibril) melihat apa yang aku tidak lihat. Yang 'Aisyah radhiallahu 'anha maksudkan adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam."
[Shahih Bukhari no. 3217]

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ عَنْ غَالِبٍ قَالَ إِنَّا لَجُلُوسٌ بِبَابِ الْحَسَنِ إِذْ جَاءَ رَجُلٌ فَقَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي قَالَ
بَعَثَنِي أَبِي إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ائْتِهِ فَأَقْرِئْهُ السَّلَامَ قَالَ فَأَتَيْتُهُ فَقُلْتُ إِنَّ أَبِي يُقْرِئُكَ السَّلَامَ فَقَالَ عَلَيْكَ السَّلَامُ وَعَلَى أَبِيكَ السَّلَامُ

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah berkata; Telah menceritakan kepada kami Isma'iil dari Ghaalib ia berkata,

"Ketika kami sedang duduk bersama-sama di pintu Al Hasan tiba-tiba ada seorang laki-laki yang datang seraya berkata, "Bapakku menceritakan kepadaku dari kakekku. Ia mengatakan, "Bapakku mengutusku untuk menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia berkata, "Datangilah Rasulullah dan ucapkan salam kepadanya." Aku lalu mendatangi beliau dan berkata, "Sesungguhnya bapakku menitipkan salam untukmu." Beliau lalu bersabda :

عَلَيْكَ السَّلَامُ وَعَلَى أَبِيكَ السَّلَامُ

"Alaikassalam wa 'Ala Abiikassalam
(semoga keselamatan tercurahkan kepada kamu dan bapakmu)."
[Sunan Abu Daud no. 5231]

Tata Cara Menjawab Titipan Salam

1. Kalau yang titip salam seorang laki-laki, dan yang dititipi juga seorang laki-laki, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaika wa 'alaihis-salaam.

2. Kalau yang titip salam seorang wanita, dan yang dititipi juga seorang wanita, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaiki wa 'alaihas-salaam.

3. Kalau yang titip salam seorang laki-laki, dan yang dititipi seorang wanita, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaiki wa 'alaihis-salaam.

4. Kalau yang titip salam seorang wanita, dan yang dititipi seorang laki-laki, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaika wa 'alaihas-salaam.

5. Kalau yang titip salam dua orang laki-laki/wanita, dan yang dititipi seorang laki-laki, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaika wa 'alaihimas-salaam.

6. Kalau yang titip salam dua orang laki-laki/wanita, dan yang dititipi seorang wanita, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaiki wa 'alaihimas-salaam.

7. Kalau yang titip salam orang laki-laki banyak, dan yang dititipi seorang laki-laki, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaika wa 'alaihimus-salaam.

8. Kalau yang titip salam wanita banyak, dan yang dititipi seorang wanita, maka kita menjawab salam dengan : 'Alaiki wa 'alaihinnas-salaam.

Wallahu A'lam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar