Rabu, 10 Maret 2021

HADITS PALSU TENTANG MENDAPATKAN DUNIA DAN AKHIRAT DENGAN ILMU

Oleh : Ustadz Neno Triyono
 
Telah masyhur sebuah hadits yang dinisbatkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang berbunyi :
 
من أراد الدنيا فعليه بالعلم، ومن أراد الآخرة فعليه بالعلم، ومن أراد الدنيا والآخرة فعليه بالعلم
 
“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu”.
 
Namun berdasarkan penelitian para ulama, kalimat di atas bukan hadits marfu’ dan tidak ada satu pun di kitab hadits, sekalipun dalam kitab-kitab hadits palsu yang mencantumkan kalimat di atas. Al-‘Alamah Muqbil bin Hadi rahimahullah ketika ditanya apakah kalimat di atas adalah hadits?, beliau menjawab :
 
هو جاء عن بعض علمائنا المتقدمين مثل الظاهر سفيان الثوري ، فقال سفيان الثوري : طلبنا العلم للدنيا فأبى إلا أن يكون للدين .
وأما عن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - فلم يثبت ، ليس بحديث .
 
“Kalimat ini datang dari sebagian ulama mutaqaddimin kita, seperti yang nampak pada ucapan Sufyan Ats-Tsauri : “kita menuntut ilmu untuk dunia, maka ia enggan kecuali itu untuk agama”. Adapun itu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam maka tidaklah tsabit, ini bukan hadits”.
 
DR. Muhammad Raatib juga menjawab pertanyaan serupa :
 
لايوجد لهذا الكلام أصل في كتب الحدي
 
“Tidak didapati perkataan ini asalnya dalam kitab-kitab hadits”.
 
Yang benar perkataan tersebut adalah perkataan Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah, sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi -rahimahullah- dalam kitab beliau Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab (1/30) dan dalam Tahdzibul Asma` (1/74). Serta Imam Baihaqi dalam kitabnya “Manaaqib Asy-Syafi’i” (2/139, cet. Maktabah Daar At-Turats) :
 
أخبرنا أبو عبد الرحمن بن أبي الحسن الصوفي، سمعت أبا محمد بن أبي حامد يقول: سمعت أبا نعيم الجرجاني الفقيه يقول: سمعت الربيع بن سليمان يقول: سمعت الشافعي يقول: من أراد الدنيا فعليه بالعلم، ومن أراد الآخرة فعليه بالعلم.
 
Telah mengabarkan kepada kami Abu 'Abdir Rahman bin Abil Hasan Ash-Shuufiy; Aku mendengar Abu Muhammad bin Abi Haamid berkata; Aku mendengar Abu Nu’aim Al-Jurjaani Al-Faqiih berkata; Aku mendengar Ar-Rabii’ bin Sulaiman berkata; Aku mendengar Imam Asy-Syafi’i berkata : 
 
“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu”.
 
Status sanadnya : 
 
• Abu 'Abdir Rahman, dinilai oleh Asy-Syaikh Naayif bin Shalaah hafizhahullah, sebagai perawi yang shaduq, ahli ibadah dan seorang mujtahid dalam “Ar-Raudh Al-Baasim” (no. 1001, cet. Daar Al-‘Aashimah).
 
• Abu Muhammad, dinilai oleh Asy-Syaikh dalam kitabnya yang sama (no. 463) sebagai perawi tsiqah banyak meriwayatkan hadits.
 
• Abu Nu’aim Al-Jurjaani, dinilai oleh Imam Adz-Dzahabi sebagai seorang Al-Imam, Al-Hafizh Al-Kabiir lagi tsiqah dalam kitabnya “Siyaar A’laam An-Nubalaa`” (no. 312, cet. Ar-Risaalah).
 
• Ar-Rabii’ bin Sulaiman, dinilai Imam Adz-Dzahabi dalam kitab yang sama (no. 222) sebagai Al-Imam, Al-Muhaddits, Al-Faqiih Al-Kabiir.
 
Sehingga kesimpulannya sanad atsar maqtu’ Imam Syafi’i di atas minimal adalah hasan.
 
Wallahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar