Allah ta’ala berfirman :
هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِ فَلَمَّا أَثْقَلَتْ دَعَوَا اللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ آتَيْتَنَا صَالِحًا لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ * فَلَمَّا آتَاهُمَا صَالِحًا جَعَلا لَهُ شُرَكَاءَ فِيمَا آتَاهُمَا فَتَعَالَى اللَّهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ
[QS. Al-A’raaf : 189-190]
Imam Ath-Thabariy rahimahullah saat menafsirkan ayat di atas membawakan riwayat :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ: ثنا عَبْدُ الصَّمَدِ، قَالَ: ثنا عُمَرُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " كَانَتْ حَوَّاءُ لا يَعِيشُ لَهَا وَلَدٌ، فَنَذَرَتْ لَئِنْ عَاشَ لَهَا وَلَدٌ لَتُسَمِّيَنَّهُ عَبْدَ الْحَارِثِ، فَعَاشَ لَهَا وَلَدٌ، فَسَمَّتْهُ: عَبْدَ الْحَارِثِ، وَإِنَّمَا كَانَ ذَلِكَ عَنْ وَحْيِ الشَّيْطَانِ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyaar[1] : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdush-Shamad[2], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Ibraahiim[3], dari Qataadah[4], dari Al-Hasan[5], dari Samuurah bin Jundub[6], dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :
[Jaami’ul-Bayaan, 13/309]
Diriwayatkan juga oleh At-Tirmidziy no. 3077, Ahmad 5/11, Al-Haakim 2/544, Al-Bazzaar dalam Al-Bahr 10/428-429 no. 4580, Ar-Ruuyaaniy dalam Musnad-nya 2/52 no. 816, dan Ath-Thabariy dalam At-Taariikh no. 172; semuanya dari jalan ‘Abdush-Shamad bin ‘Abdil-Waarits : Telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Ibraahiim, dan selanjutnya seperti riwayat di atas.
‘Abdush-Shamad dalam periwayatan dari ‘Umar bin Ibraahiim mempunyai mutaba’ah dari Syaadz bin Fayyaadh Al-Yasykuriy[7]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 7/260 no. 6895, Ibnu Basyraan dalam Al-Amaaliy 2/334-335 no. 790, dan Ibnu Abi Haatim dalam Tafsiir-nya no. 8637 & 8641.
Riwayat ini lemah dikarenakan ‘Umar bin Ibraahiim. Meskipun ia seorang yang shaduuq, namun periwayatannya dari Qataadah lemah dan banyak dikritik para ulama.
Diriwayatkan juga secara mauquuf dari Samurah bin Jundub sebagai berikut :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَمْزَةَ، ثَنَا أَبُو الْجُمَاهِرِ، ثَنَا سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ، حَدَّثَنِي عِمْرَانُ، عَنْ عُقْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ يَزِيدَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الشِّخِّيرِ، عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ، قَالَ: " سَمَّيَاهُ عَبْدَ الْحَارِثِ فِي قَوْلِهِ: فَلَمَّا آتَاهُمَا صَالِحًا جَعَلا لَهُ شُرَكَاءَ فِيمَا آتَاهُمَا فَتَعَالَى اللَّهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Yahyaa bin Hamzah[8] : Telah menceritakan kepada kami Abul-Jumaahir[9] : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Basyiir[10] : Telah menceritakan kepadaku ‘Imraan[11], dari ‘Uqbah[12], dari Qataadah, dari Yaziid bin ‘Abdillah bin Asy-Syikhkhiir[13], dari Samurah bin Jundub, ia berkata :
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Asy-Syaamiyyiin no. 2793]
Sanad riwayat ini dha’iif dengan sebab Ahmad bin Muhammad bin Yahyaa dan Sa’iid bin Basyiir Al-Azdiy.
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabariy dengan lafazh yang ringkas : Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin ‘Abdil-A’laa[14], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Mu’tamir[15], dari ayahnya[16], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Alaa’[17], dari Samurah bin Jundub bahwasannya ia menceritakan :
أَنَّ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلامُ سَمَّى ابْنَهُ عَبْدَ الْحَارِثِ
[Jaami’ul-Bayaan, 13/310 no. 15514]
Sanad riwayat ini shahih.
Mu’tamir mempunyai mutaba’ah dari Ibnu ‘Ulayyah sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Jaami’ul-Bayaan 13/310 no. 15515.
Diriwayatkan juga secara mauquuf dari beberapa shahabat lain, di antaranya :
1. Ibnu ‘Abbaas radhiyallaahu ‘anhumaa :
ثنا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حَمْزَةَ، ثنا حَبَّانُ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ، عَنْ شَرِيكٍ، عَنْ خُصَيْفٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، فِي قَوْلُهُ: " فَلَمَّا آتَاهُمَا صَالِحًا جَعَلا لَهُ شُرَكَاءَ فِيمَا آتَاهُمَا، قَالَ: اللَّهُ هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ، وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا، فَلَمَّا تَغَشَّاهَا آدم حَمَلَتْ، آتَاهُمَا إِبْلِيسُ، فَقَالَ: إِنِّي صَاحِبُكُمَا الَّذِي أَخْرَجْتُكُمَا مِنَ الْجَنَّةِ، لَتُطِيعَنَّنِ أَوْ لأَجْعَلَنَّ لَهَا قَرْنَيْ إِبِلٍ، فَيَخْرُجُ مِنْ بَطْنِكِ، فَيَشُقَّهُ، وَلأَفْعَلَنَّ وَلأَفْعَلَنَّ يُخَوِّفُهُمَا سَمِّيَاهُ عَبْدَ الْحَارِثِ، فَأَبَيَا أَنْ يُطِيعَاهُ، فَخَرَجَ مَيِّتًا، ثُمَّ حَمَلَتْ يَعْنِي الثَّانِيَةَ فَأَتَاهُمَا أَيْضًا، فَقَالَ: أَنَا صَاحِبُكُمَا الَّذِي فَعَلْتُ مَا فَعَلْتُ، لَتَفْعَلُنَّ أَوْ لأَفْعَلَنَّ وَلأَفْعَلَنَّ يُخَوِّفُهُمَا، فَأَبَيَا أَنْ يُطِيعَانِهِ، فَخَرَجَ مَيِّتًا، ثُمَّ حَمَلَتِ الثَّالِثَةُ، فَأَتَاهُمَا أَيْضًا، فَذَكَرَ لَهُمَا، فَأَدْرَكَهُمَا حُبَّ الْوَلَدِ، فَسَمَّيَاهُ عَبْدَ الْحَارِثِ، فَذَلِكَ قَوْلُهُ: جَعَلا لَهُ شُرَكَاءَ فِيمَا آتَاهُمَا "
Telah menceritakan kepada kami ‘Ali bin Al-Husain[18] : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Ali bin Hamzah[19] : Telah menceritakan kepada kami Habbaan[20], dari ‘Abdullah bin Al-Mubaarak[21], dari Syariik[22], dari Khushaif[23], dari Sa’iid bin Jubair[24], dari Ibnu ‘Abbaas dalam penafsiran ayat :
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Haatim dalam At-Tafsiir no. 8654]
Sanad riwayat ini lemah karena Khushaif dan Syariik yang lemah di sektor hafalannya.
Khushaif dalam periwayatan dari Sa’iid bin Jubair mempunyai mutaba’ah dari Mujaahid[25]; sebagaimana diriwayatkan oleh Sa’iid bin Manshuur dalam Tafsiir-nya 5/173 no. 973 : Telah menceritakan kepada kami ‘Attaab bin Basyiir[26], ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Khushaif, dari Mujaahid dan Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas.
Sanad riwayat ini lemah karena Khushaif. Selain itu, hadits ‘Attaab yang berasal dari Khushaif banyak diingkari oleh para ulama.
Sa’iid bin Jubair dalam periwayatan dari Ibnu ‘Abbaas mempunyai mutaba’ah dari :
a. ‘Ikrimah[27]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 13/310 no. 15516 : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Humaid[28], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Salamah[29], dari Ibnu Ishaaq[30], dari Daawud bin Al-Hushain[31], dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbaas.
Sanad riwayat ini sangat lemah karena Ibnu Humaid. Juga karena Salamah, ‘an’anah Ibnu Ishaaq, dan Daawud (yang dilemahkan riwayatnya jika berasal dari ‘Ikrimah).
b. Al-Hasan bin ‘Athiyyah[32]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 13/310-311 no. 15517 : Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Sa’d,[33] ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ayahku[34], ia berkata : Telah menceritakan kepadaku pamanku[35], dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbaas.
Sanad riwayat ini sangat lemah. Perawi dari Muhammad bin Sa’d hingga Al-Hasan bin ‘Athiyyah adalah para perawi dha’iif. Selain itu, sanadnya terputus antara Al-Hasan bin ‘Athiyyah dengan Ibnu ‘Abbaas.
c. Ibnu Juraij[36]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan 13/311 no. 15518 : Telah menceritakan kepada kami Al-Qaasim[37], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Husain[38], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Hajjaaj[39], dari Ibnu Juraij, ia berkata : Telah berkata Ibnu ‘Abbaas.
Sanad riwayat ini lemah karena keterputusan antara Ibnu Juraij dengan Ibnu ‘Abbaas radhiyallaahu ‘anhumaa.
d. Abu Shaalih[40]; sebagaimana riwayat panjang Ibnu Sa’d dalam Ath-Thabaqaat 1/13-15 : Telah mengkhabarkan kepada kami Hisyaam bin Muhammad[41] : Telah mengkhabarkan kepadaku ayahku[42], dari Abu Shaalih, dari Ibnu ‘Abbaas.
Sanad riwayat ini sangat lemah, bahkan palsu (maudluu’).
2. Ubay bin Ka’b radhiyallaahu ‘anhu.
ثنا أَبِي، ثنا أَبُو الْجُمَاهِرِ، أَنْبَأَ سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ، عَنْ عُقْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: لَمَّا حَمَلَتْ حَوَّاءُ، أَتَاهَا الشَّيْطَانُ، فَقَالَ: أَتُطِيعِينِي وَيَسْلَمْ لَكِ وَلَدُكِ؟ سَمِّيهِ عَبْدَ الْحَارِثِ، فَلَمْ تَفْعَلْ فَوَلَدَتْ فَمَاتَ، ثُمَّ حَمَلَتْ، فَقَالَ لَهَا مِثْلَ ذَلِكَ، فَلَمْ تَفْعَلْ، ثُمَّ حَمَلَتِ الثَّالِثَ، فَجَاءَهَا فَقَالَ: إِنْ تُطِيعِينِي يَسْلَمْ، وَإِلا فَإِنَّهُ يَكُونُ بَهِيمَةً، فَهَيَّبَهُمَا فَأَطَاعَا "
Telah menceritakan kepada kami ayahku[43] : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Basyiir, dari ‘Uqbah, dari Qataadah, dari Mujaahid, dari Ibnu ‘Abbaas, dari Ubay bin Ka’b radhiyallaahu ‘anhum :
[Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Haatim dalam At-Tafsiir no. 8653]
Sanad riwayat ini lemah karena kelemahan Sa’iid bin Basyiir.
Catatan : Ibnu Ma’iin dan Ahmad mengatakan bahwa Qataadah tidak pernah mendengar riwayat dari Mujaahid [Jamii’ut-Tahshiil, hal. 255]. Akan tetapi Ahmad menjelaskan bahwa perantara keduanya adalah Abul-Khaliil[44], dan ia seorang yang tsiqah. Oleh karena itu, riwayat Qataadah dari Mujaahid ini dihukumi shahih. Wallaahu a’lam.
Imam Asy-Syinqithiy rahimahullah ketika menjelaskan ayat di atas berkata :
في هذه الآية الكريمة وجهان من التفسير معروفان عند العلماء، والقرآن يشهد لأحدهما:
الأول: أن حواء كانت لا يعيش لها ولد، فحملت، فجاءها الشيطان، فقال لها سمي هذا الولد عبد الحارث فإنه يعيش، والحارث من أسماء الشيطان، فسمته عبد الحارث فقال تعالى: {فَلَمَّا آتَاهُمَا صَالِحاً} [7/190]، أي: ولداً إنساناً ذكراً جعلا له شركاء بتسميته عبد الحارث، وقد جاء بنحو هذا حديث مرفوع وهو معلول كما أوضحه ابن كثير في "تفسيره".
الوجه الثاني: أن معنى الآية أنه لما آتى آدم وحواء صالحاً كفر به بعد ذلك كثير من ذريتهما، وأسند فعل الذرية إلى آدم وحواء؛ لأنهما أصل لذريتهما كما قال: {وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ} [7/11]، أي بتصويرنا لأبيكم آدم لأنه أصلهم بدليل قوله بعده: {ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ}، ويدل لهذا الوجه الأخير أنه تعالى قال بعده: {فَتَعَالَى اللَّهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ أَيُشْرِكُونَ مَا لا يَخْلُقُ شَيْئاً وَهُمْ يُخْلَقُونَ} [7/190، 191]، وهذا نص قرآني صريح في أن المراد المشركون من بني آدم، لا آدم وحواء، واختار هذا الوجه غير واحد لدلالة القرآن عليه، وممن ذهب إليه الحسن البصري، واختاره ابن كثير ، والعلم عند الله تعالى.
“Dalam ayat yang mulia ini terdapat dua sisi penafsiran yang ma’ruf menurut para ulama, dan Al-Qur’an menjadi saksi atas kebenaran salah satu di antara keduanya :
Pertama, bahwasannya Hawwaa’ dulu tidaklah hidup dengan mempunyai anak, lalu ia hamil. Kemudian syaithaan mendatanginya dan berkata kepadanya : ‘Namailah anak ini ‘Abdul-Haarits, maka ia akan hidup’. Dan Al-Haarits itu termasuk nama-nama syaithaan. Lalu Hawwaa’ menamakannya ‘Abdul-Haarits, sehingga Allah ta’ala berfirman : ‘Tatkala Allah memberikan kepada keduanya seorang anak yang sempurna’ (QS. Al-A’raaf : 190), yaitu : anak manusia berkelamin laki-laki dimana keduanya menjadikan bagi-Nya sekutu dengan penamaannya ‘Abdul-Haarits. Dan telah ada hadits marfuu’ yang semisal ini, namun ia ma’lul sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Katsiir dalam Tafsiir-nya.
Kedua, bahwasannya makna ayat tersebut adalah ketika Aadam dan Hawwaa’ diberikan anak yang shaalih, maka banyak di antara keturunannya yang mengkufuri-Nya. Dan disandarkannya perbuatan keturunannya kepada Aadam dan Hawwaa dikarenakan mereka berdua adalah asal bagi keturunannya, sebagaimana firman-Nya : ‘Sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian, lalu Kami bentuk tubuh kalian’ (QS. Al-A’raaf : 11), yaitu : dengan penciptaan Kami terhadap bapak kalian Aadam, karena ia adalah asal dari mereka dengan dalil firman Allah setelah ayat tersebut :‘kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam’ (QS. Al-A’raaf : 11).
[Adhwaaul-Bayaan, 2/46-47]
Riwayat Al-Hasan yang dimaksudkan oleh Imam Asy-Syinqithiy rahimahumallah adalah sebagai berikut :
حدثنا محمد بن عبد الأعلى قال: حدثنا محمد بن ثور، عن معمر قال. قال الحسن: عني بهذا ذرية آدم، من أشرك منهم بعده يعني بقوله : (فلما آتاهما صالحًا جعلا له شركاء فيما آتاهما).
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdil-A’laa[45], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Tsaur[46], dari Ma’mar[47], ia berkata : Telah berkata Al-Hasan :
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 13/314-315 no. 15527]
Sanad ini shahih.
حدثنا بشر بن معاذ قال: حدثنا يزيد قال: حدثنا سعيد، عن قتادة قال: كان الحسن يقول: هم اليهود والنصارى، رزقهم الله أولادًا فهوَّدوا ونصَّروا.
Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Mu’aadz[48], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Yaziid[49], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid[50], dari Qataadah, ia berkata : Al-Hasan pernah berkata :
[Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 13/315 no. 15528]
[Al-Mukhtalithiin, hal. 41-43 no. 37 – beserta catatan kakimuhaqqiq-nya]
Sebagaimana yang Anda lihat, riwayat marfuu’ kisah Aadam, Hawwaa’, dan syaithaan/iblis itu tidaklah shahih. Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata :
وهذه القصة باطلة من وجوه :
الوجه الأول : أنه ليس في ذلك خبر صحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم وهذا من الأخبار التي لا تتلقى إلا بالوحي ، وقد قال ابن حزم عن هذه القصة : إنها رواية خرافة مكذوبة موضوعة.
الوجه الثاني : أنه لو كانت القصة في آدم وحواء لكان حالهما إما أن يتوبا من الشرك أو يموتا عليه ، فإن قلنا ماتا عليه كان ذلك أعظم من قول الزنادقة :
إذا ما ذكرنا آدما وفعاله **** وتزويجه بنتيه بابنيه بالخنا
علمنا بأن الخلق من نسل فاجر **** وأن جميع الناس من عنصر الزنا
فمن جوز موت أحد من الأنبياء على الشرك فقد أعظم الفرية ، وإن كان تابا من الشرك فلا يليق بحكمة الله وعدله ورحمته أن يذكر خطأهما ، ولا يذكر توبتهما منه ، فيمتنع غاية الامتناع أن يذكر الله الخطيئة من آدم وحواء وقد تابا ولم يذكر توبتهما ، والله تعالى إذا ذكر خطيئة بعض أنبيائه ورسله ذكر توبتهم منها.
الوجه الثالث : أن الأنبياء معصومون من الشرك باتفاق العلماء.
الوجه الرابع : أنه ثبت من حديث الشفاعة أن الناس يأتون إلى آدم يطلبون منه الشفاعة فيعتذر بأكله الشجرة وهو معصية ، ولو وقع منه الشرك لكان اعتذاره به أعظم وأولى وأحرى.
الوجه الخامس : أن في هذه القصة أن الشيطان جاء إليهما وقال : أنا صاحبكما الذي أخرجتكما من الجنة . وهذا لا يقوله من يريد الإغواء ، بل هذا وسيلة إلى رد كلامه ، فيأتي بشيء يقرب من قبول قوله ، فإذا قال : أنا صاحبكما الذي أخرجتكما من الجنة . سيعلمان علم اليقين أنه عذر لهما فلا يتقبلان منه صرفا ولا عدلا.
الوجه السادس : أن في قوله في هذه القصة : لأجعلن له قرني إيل . إما أن يصدقا أن ذلك ممكن في حقه وهذ شرك في الربوبية لأنه لا خالق إلا الله أو لا يصدقا فلا يمكن أن يقبلا قوله وهما يعلمان أن ذلك غير ممكن في حقه.
الوجه السابع : قوله تعالى : " فَتَعَالى الله عَمَّا يُشْرِكُونَ " بضمير الجمع ولو كان آدم وحواء لقال : عما يشركان.
“Kisah ini baathil dari sisi :
Pertama, bahwasannya ia bukan merupakan khabar shahih dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Padahal, khabar ini termasuk khabar-khabar yang tidaklah didapatkan kecuali melalui perantaraan wahyu. Ibnu Hazm berkata tentang kisah ini : ‘Sesungguhnya ia merupakan riwayat khuraafat, dusta, lagi palsu’.
Kedua, seandainya kisah ini merupakan kisah yang benar tentang Aadam dan Hawwaa, niscaya keadaan keduanya : jika mereka tidak bertaubat dari kesyirikan, atau mati di atasnya (kesyirikan). Seandainya kita mengatakan bahwa keduanya mati di atas kesyirikan, maka itu lebih besar dari perkataan zanaadiqah :
Apabila kita ingat Aadam dan apa yang telah diperbuatnya
dan pernikahan antara anak perempuan dan anak laki-lakinya dengan cara keji.
Niscaya kita mengetahui bahwasannya makhluk berasal dari benih orang yang faajir.
dan seluruh manusia berasal dari pokok perbuatan zina
Barangsiapa membolehkan salah seorang dari nabi-nabi meninggal di atas kesyirikan, sungguh ia merupakan kedustaan yang paling besar. Dan seandainya keduanya (Aadam dan Hawwaa’) bertaubat dari kesyirikan, maka itu tidak sesuai dengan hikmah Allah, keadilan-Nya, dan rahmat-Nya untuk menyebutkan kesalahan keduanya tanpa menyebutkan taubat mereka dari perbuatan syirik.[51] Dan Allah ta’ala apabila menyebutkan kesalahan sebagian nabi-nabi dan rasul-rasul-Nya, maka Ia kemudian menyebutkan pertaubatan mereka dari kesalahan tersebut.
Ketiga, bahwasannya para nabi adalah ma’shuum dari perbuatan syirik dengan kesepakatan ulama.
Keempat, telah shahih dalam hadits syafaa’at bahwasannya manusia datang menemui Aadam meminta darinya syafa’at. Namun ia mengemukakan alasan (tidak bisa memenuhi permintaan mereka) karena telah memakan pohon[52], dan itu adalah perbuatan maksiat. Seandainya ia pernah terjatuh dalam kesyirikan, niscaya alasannya dengan perbuatan itu lebih besar dan lebih dikedepankan.
Kelima, dalam kisah ini, syaithaan mendatangi keduanya dan berkata : ‘Aku adalah kawanmu yang telah mengeluarkan kalian berdua dari surga’. Ini tidaklah dikatakan oleh orang yang membujuk. Bahkan, ini merupakan perantara untuk menolak perkataannya. Syaithaan seharusnya datang dengan sesuatu yang lebih dekat untuk dapat menerima perkataannya. Apabila syaithaan berkata : ‘Aku adalah kawanmu yang telah mengeluarkan kalian berdua dari surga’; maka mereka berdua akan mengetahui dengan pengetahuan yang yakin bahwasannya syaithaan akan memberikan alasan pada keduanya, dan mereka berdua tidak akan menerimanya sedikitpun.
Keenam, bahwasannya perkataan syaithaan dalam kisah ini : ‘sungguh aku akan menjadikan baginya tanduk rusa’. Baik mereka berdua membenarkan hal tersebut mungkin dilakukan olehnya (syaithaan), maka ini syirik dalam Rububiyyah, karena tidak ada Pencipta kecuali Allah; atau mereka berdua tidak membenarkannya, maka tidak mungkin mereka berdua menerima perkataannya padahal mereka berdua mengetahui bahwa hal itu tidaklah mungkin dilakukan olehnya (syaithan).
Ketujuh, firman-Nya ta’ala : ‘Maka Maha Tinggi Allah dari apa yang mereka persekutukan’ dengan menggunakan dhamir (kata ganti) jamak, seandainya yang dimaksudkan adalah Aadam dan Hawwaa’, tentu akan dikatakan : ‘dari apa yang mereka berdua persekutukan’.”
[Mudzakarah fii Syarh Kitaabit-Tauhiid – melalui perantaraan kitab Kutubun wa Akhbaarun wa Rijaalun wa Ahaadits tahtal-Mihjar oleh Dr. ‘Abdul-‘Aziiz As-Sad-haan, hal. 63-64].
Penjelasan Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah di atas sangat kuat. Selain itu, disebutkan dalam sebagian riwayat kisah tersebut, bahwasannya kesyirikan yang dilakukan oleh Aadam dan Hawwaa’ adalah kesyirikan dalam hal nama (karena Al-Haarits adalah salah satu nama dari nama-nama syaithaan/iblis). Ini bertentangan dengan riwayat :
عن أبي وهب الجشمي قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ... وأصدقها حارث وهمام
Dari Abu Wahb Al-Jusyamiy ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
[HR. Abu Dawud no. 4950 dan Ahmad 3/345 no. 19054; shahih – lihat selengkapnya takhrij hadits ini dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 904 dan 1040]
Seandainya benar bahwa Al-Haarits adalah nama syaithaan atau iblis, niscaya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak akan memerintahkan untuk menamakan anak dengan Haarits/Al-Haarits, karena :
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
[HR. Abu Dawud no. 4031]
Wallaahu a’lam
Catatan kaki :
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 828 no. 5791]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 610 no. 4108]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 714 no. 4897]
[Taqriibut-Tahdziib hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal. 102 no. 92, Al-Mudallisiin lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin fii Shahiih Al-Bukhaariy hal. 483-484]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 236 no. 1237]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 416 no. 2645]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 429 no. 2745]
[Irsyaadul-Qaadhiy wad-Daaniy, hal. 179-180 no. 214]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 877 no. 6175]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 374 no. 2289]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 750 no. 5189]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 682 no. 4665]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 1078 no. 7791]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 868 no. 6100]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 958 no. 6833]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 409 no. 2590]
[Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 14/16-17 no. 7 dan Mishbaahul-Ariib 2/373 no. 18363]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 879 no. 6192]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 217 no. 1085]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 540 no. 3595].
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 436 no. 2802]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 297 no. 1728]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 374-375 no. 2291]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 921 no. 6523]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 656 no. 4451]
“Aku harap tidak mengapa dengannya. Ia pada akhir usianya meriwayatkan hadits-hadits munkar. Dan tidaklah aku melihatnya kecuali dengan sebab Khushaif”. Di lain tempat ia berkata : “Hadits-haditsnya yang berasal; dari Khushaif munkar”. Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”.
[Lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 7/90-91 no. 192]
[27] ‘Ikrimah Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faqiih. Termasuk thabaqah ke-3, wafat tahun 104 H, atau dikatakan setelah itu, di Madinah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah.
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 687-688 no. 4707]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 839 no. 5871].
Al-Bukhaariy berkata : “Fiihi nazhar” [At-Taariikh Al-Kabiir, 1/167]. Sebagaimana maklum bahwa kalimat ini di sisi Al-Bukhariy merupakan jarh yang keras. Ya’quub bin Syaibah As-Saduusiy berkata : “Muhammad bin Humaid Ar-Raaziy padanya banyak perkara yang diingkari (katsiirul-manaakir)” [Tahdziibul-Kamaal, 25/102]. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak tsiqah” [Taariikh Baghdaad, 2/263 dan Adl-Dhu’afaa’ wal-Matruukiin oleh Ibnul-Jauziy, 3/54 no. 2959]. Ishaaq bin Manshuur berkata : “Aku bersaksi di hadapan Allah bahwa Muhammad bin Humaid dan ‘Ubaid bin Ishaaq Al-‘Aththaar adalah pendusta” [Taariikh Baghdaad, 2/263]. Shaalih bin Muhammad Al-Asadiy Al-Haafizh berkata : “Aku tidak melihat seorang pun yang yang lebih banyak dustanya daripada dua orang, yaitu Sulaimaan Asy-Syaadzakuuniy dan Muhammad bin Humaid Ar-Raaziy…” [Taariikh Baghdaad, 2/262]. Ia telah didustakan oleh Abu Zur’ah Ar-Raaziy dan Ibnu Waarah [Al-Majruuhiin, 2/321 no. 1005 dan Adh-Dhu’afaa’ wal-Matruukiin oleh Ibnul-Jauziy, 3/54 no. 2959]. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia termasuk orang yang menyendiri dalam periwayatan dari orang-orang tsiqah dengan sesuatu yang terbolak-balik, khususnya jika ia meriwayatkan dari para syaikh negerinya” [Al-Majruuhiin, 2/321 no. 1005]. Ibraahiim bin Ya’quub Al-Jauzajaaniy berkata : “Ia seorang yang bermadzhab buruk, tidak tsiqah” [Ahwaalur-Rijaal, hal. 207 no. 382]. Ibnul-Jauziy memasukkanya dalam Adh-Dhu’afaa’ wal-Matruukiin (3/54). Adz-Dzahabiy memasukkannya dalam Al-Mughniy fidh-Dgu’afaa’ (2/289 no. 5452) dan berkata : “Dha’iif, bukan dari sisi hapalannya”. Ibnu Hajar berkata : “Seorang haafizh yang dha’iif. Ibnu Ma’iin mempunyai pandangan baik terhadapnya” [At-Taqriib, hal. 839 no. 5871]. Dan yang lainnya.
Namun yang raajih adalah pendapat jumhur yang melemahkannya, karena jarh yang mereka berikan adalah jenis jarh yang mufassar (dijelaskan sebabnya). Selengkapnya, silakan baca Tahdziibul-Kamaal, 25/97-108.
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 401 no. 2518]
[30] Muhammad bin Ishaaq bin Yasaar Al-Madaniy, Abu Bakr/Abu ‘Abdilah Al-Qurasyiy; seorang yang shaduuq, namun sering melakukan tadliis. Termasuk thabaqah ke-5, dan wafat tahun 150 H atau setelahnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah.
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 825 no. 5762]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 305 no. 1789]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 239 no. 1266]
[Al-Mu’jamush-Shaghiir, hal. 501 no. 3875]
[Lisaanul-Miizaan 3/18-19 no. 67 dan Mishbaahul-Ariib2/14 no. 10477]
[Al-Mu’jamush-Shaghiir li-Ruwaati Al-Imaam Ibni Jariir Ath-Thabariy, hal. 121 no. 811]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 624 no. 4221]
[Jaami’ut-Tahshiil, hal. 229-230 no. 472]
[Al-Mu’jamush-Shaghiir li-Ruwaati Al-Imaam Ibni Jariir Ath-Thabariy, hal. 459-460 no. 3541]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 245 no. 1315]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 224 no. 1144]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 313 no. 1850]
[Al-Mu’jamush-Shaghiir bi-Ruwaati Al-Imaam Ibni Jariir Ath-Thabariy, hal. 612 no. 4783]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 847 no. 5938]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 824 no. 5755]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 448 no. 2903]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 868 no. 6100]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 831 no. 5812]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 961 no. 6857]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 171 no. 709]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 1074 no. 7764]
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 384 no. 2378 dan Ar-Ruwaatuts-Tsiqaat Al-Mutakallamu fiihim bimaa Laa Yuujibu Raddahum oleh Adz-Dzahabiy, hal. 97 no. 37]
[Thabaqaatul-Mudallisiin, no. 50]
[QS. Thaha : 120-122]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar