Para pakar fikih sepakat bahwasanya wajibnya membasuh anggota wudhu hanya satu kali. Adapun basuhan yang kedua dan ketiga dianggap sunnah. Pendapat ini berdasarkan perintah berwudhu dalam Al Quran yang dimaknai dengan hanya sekali basuhan. Sedangkan sunnah membasuh 3 kali pada anggota wudhu didapati dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam diantaranya hadits berikut ini.
عن حمران مولى عثمان بن عفان أنه رأى عثمان بن عفان دعا بوضوء فأفرغ على يديه من إنائه فغسلهما ثلاث مرات ثم أدخل يمينه في الوضوء ثم تمضمض واستنشق واستنثر ثم غسل وجهه ثلاثا ويديه إلى المرفقين ثلاثا ثم مسح برأسه ثم غسل كل رجل ثلاثا ثم قال رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يتوضأ نحو وضوئي هذا وقال من توضأ نحو وضوئي هذا ثم صلى ركعتين لا يحدث فيهما نفسه غفر الله له ما تقدم من ذنبه
(HR. Bukhari dan Muslim)
Namun para ulama berbeda pendapat dalam mengusap kepala 3 kali. Apakah dianggap sebagai sunnah ataukah tidak? Apakah memiliki keutamaan ataukah tidak? Berikut ini akan saya paparkan pendapat-pendapat para ulama dalam masalah ini.
1. Madzhab Al-Hanafiyah
Pendapat dari madzhab Hanafiyah yaitu memakruhkan mengusap kepala tiga kali. Namun ada juga riwayat dari Al-Hasan yang menyebutkan bahwa Imam Abu Hanifah (w 150 H) pernah mengusap kepala 3 kali dengan air yang sama disaat berwudhu.
Imam Al-Kasani rahimahullah (w. 587 H) mengatakan :
ومنها أن يمسح رأسه مرة واحدة والتثليث مكروه وهذا عندنا .وقال الشافعي السنة هي التثليث وروى الحسن عن أبي حنيفة أنه يمسح ثلاث مرات بماء واحد
[Badai’ Ash-Shanai’ fi Tartibi Syara’i, jilid 1 hal 22 cet. Darul Hadits]
Imam Ibnul Humam rahimahullah (w. 681 H) mengatakan :
قوله وتكرار الغسل إلى الثلاث ) قيد به لإِفادة أنه لا يسن التكرار في المسح
[Fathul Qadir, jilid 1 hal 27 cet. Ihya At-Turats]
2. Madzhab Al-Malikiyah
Dalam madzhab ini mengusap kepala tiga kali tidak mengapa namun tidak juga memiliki keutamaan.
Imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah (w. 463 H) berkata :
ولا فضيلة عند مالك في مسحه ثلاثا كما أنه لا يمسح عنده في التيمم الوجه واليدين إلا مرة واحدة وكذلك على الخفين ولا فضل عنده في تكرار المسح في ذلك
[Al-Kafi fi Fiqhi Ahlil Madinah, hal 21 cet Daar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah]
Imam Ad-Dasuqi rahimahullah (w 1230 H) berkata :
أن تكرار المسح كالأذنين ( لكالأذنين ) والرأس ليس بفضيلة وهو كذلك لأن المسح مبني على التخفيف والتكرار ينافيه
[Hasyiyah Ad-Dasuqi, jilid 1 hal 101-102 cet. Daar Al-Fikr]
3. Madzhab Asy-Syafi’i
Imam An-Nawawi rahimahullah (w. 676 H) mengatakan :
في تكرار مسح الرأس مذهبنا المشهور الذى نص عليه الشافعي رضي الله عنه في كتبه وقطع به جماهير الاصحاب أنه يستحب مسح الرأس ثلاثا كما يستحب تطهير باقي الاعضاء ثلاثا
[Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdab, jilid 1 hal 432 cet. Daar Al-Fikr]
Imam Al-Khatib Asy-Syirbini rahimahullah (w. 977 H) berkata :
ومن سننه (تثليث الغسل والمسح)
[Mughni Al-Muhtaj , jilid 1 hal 102 cet. Daar Al-Ma’rifah Beirut]
4. Madzhab Al-Hanabilah
Imam Ibnu Qudamah rahimahullah (w. 620 H) berkata :
فصل : ولا يسن تكرار مسح الرأس في الصحيح من المذهب
[Al-Mughni, jilid 1 hal 141 cet. Al-Kitab Al-‘Arabi]
Imam Al-Mardawi rahimahullah (w. 885 H) mengatakan :
قوله ولا يستحب تكراره هذا المذهب وعليه الجمهور قال الشارح هذا الصحيح من المذهب.
[Al-Inshaf fi Ma’rifati Ar-Rajih min Al-Khilaf, jilid 1 hal 163]
5. Madzhab Azh-Zhahiriyah
Imam Ibnu Hazm (w. 456 H) mengatakan :
فلو مسح بعض رأسه أجزأه وان قل، ونستحب أن يمسح رأسه ثلاثا أو مرتين وواحدة تجزئ
[Al-Muhalla bil Atsar, jilid 1 hal 295]
Wallahu a'lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar